Pengaruh penggunaan media video stop motion terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi pokok sumber daya alam di MI Rujchaniyyah Sumberejo Mranggen Demak tahun ajaran 2016/2017
Iktamala, Fita (2017) Pengaruh penggunaan media video stop motion terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi pokok sumber daya alam di MI Rujchaniyyah Sumberejo Mranggen Demak tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
133911048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Proses belajar mengajar siswa sangat dipengaruhi oleh emosi, apabila siswa merasa terpaksa dalam mengikuti pelajaran atau materi-materi yang diberikan oleh guru. Maka dari itu guru harus dapat menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan. Sebab dari itu dalam suatu pembelajaran guru diisyaraktan untuk menggunakan media yang dapat mengalihkan perhatian siswa. Pembelajaran tersebut bisa diwujudkan dengan menggunakan media pembelajaran berupa media audio visual. Penggunaan media dalam suatu pembelajaran dapat memperlancar pemahaman siswa terkait materi yang akan dan sedang dipelajari. Salah satu media audio visual yang dapat digunakan adalah media video stop motion, melalui video stop motion para siswa mengetahui berbagai jenis sumber daya alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Media Video Stop Motion Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Sumber Daya Alam di MI Rujchaniyyah Sumberejo Mranggen Demak Tahun Ajaran 2016/2017”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain yang digunakan adalah Posttes-Only Control Design With Nonequivalent Groups. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Rujchaniyyah Sumberejo Mranggen Demak sejumlah 30 anak, kemudian dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video stop motion berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV materi sumber daya alam. Nilai rata-rata kelas IVA (kelas eksperimen) adalah 81,00 dengan standar deviasi (S) 7,71sementara kelas IVB (Kelas kontrol) rata-rata nilai adalah 72,00 dengan standar deviasi (S) 10,74 . Dari analisis data akhir menunjukkan bahwa t_hitung= 2,637 sedangkan t_( tabel)= t_(0,05)(15) = 1,701 dengan taraf nyata sebesar 5% jika t_hitung>t_tabel maka signifikan dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Media Stop Motion; Hasil belajar; Pembelajaran sains |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 07:04 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 07:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7643 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year