Efektivitas penggunaan metode biowriting untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan naratif pada peserta didik kelas V di MI Darul Ulum Wates Semarang tahun pelajaran 2016/2017
La'aliya, Firda (2017) Efektivitas penggunaan metode biowriting untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan naratif pada peserta didik kelas V di MI Darul Ulum Wates Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
133911092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting bagi peserta didik, baik selama mereka mengikuti pendidikan di berbagai jenjang sekolah, maupun nanti dalam kehidupannya di masyarakat. Keberhasilan peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah banyak ditentukan oleh kemampuan dalam menulis. Oleh karena itu, pembelajaran menulis mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam pendidikan dan pengajaran. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, diketahui tingkat keterampilan menulis karangan naratif peserta didik kelas V MI Darul Ulum Wates Semarang masih sangat rendah. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis karangan naratif dikarenakan pemahaman dan pengetahuan peserta didik tentang menulis karangan naratif masih terbatas. Mereka cenderung menjadi peserta didik yang pasif hanya mendengarkan ceramah dari guru, sehingga peserta didik kurang menguasai materi. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis karangan naratif tersebut, peneliti memberikan solusi pembelajaran dengan penggunaan metode biowriting. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan metode biowriting dalam memfasilitasi ketrampilan menulis karangan naratif dikelas V MI Darul Ulum Wates Semarang.
Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MI Darul Ulum Wates Semarang sebanyak 396 peserta didik. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik The Randomized Pre-test Post-test Control Group Design. Desain ini menggunakan dua kelompok yang dipilih secara random, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan teknik tersebut diperoleh V Abdur sebagai kelas eksperimen dan kelas V Salman sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre-test dan post-test menulis narasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t dengan memperhatikan dari hasil sebaran data yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil penghitungan post-test diperoleh rata-rata kelompok eksperimen sebesar 75,55. Rata-rata kelompok kontrol sebesar 63,62. Skor rata-rata pre-test antara kedua kelompok tidak berbeda secara signifikan. Hasil perhitungan uji-t diperoleh t_hitung= 6,864, df 52 dengan nilai t_tabel = 2,00 maka t_hitung > t_tabel dengan ∝ = 5%. Dengan demikian perbedaan tersebut adalah signifikan. Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan keterampilan menulis narasi antara kelompok yang diajar menulis dengan metode biowriting dan teknik konvensional. Kesimpulan kedua yaitu bahwa pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan metode biowriting lebih efektif dibandingkan pembelajaran keterampilan menulis karangan naratif dengan menggunakan teknik konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Biowriting; Ketrampilan menulis; Narasi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 02:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 07:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7654 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year