Pengaruh Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Teater Kelompok Stesa terhadap Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di MAN Model Kendal
Indarsah, Anif (2013) Pengaruh Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Teater Kelompok Stesa terhadap Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di MAN Model Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083311004_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (375kB) | Preview
083311004_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
083311004_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
083311004_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (68kB) | Preview
083311004_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (118kB) | Preview
083311004_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (30kB) | Preview
083311004_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (269kB) | Preview
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan belajar siswa di luar sekolah yang sangat potensial untuk menciptakan siswa-siswi yang kreatif, berinovasi, trampil, dan berprestasi. Guru bertanggung jawab terhadap pendidikan anak di sekolah, guru dituntut untuk berlaku terampil dan kreatif agar anak dapat bertambah pengetahuan, yaitu guru dituntut untuk menyediakan waktu di luar jam resmi yang telah ditentukan oleh sekolah yang sering disebut dengan kegiatan ekstrakurikuler. Penyediaan waktu ini sungguh sangat berharga bagi perkembangan pribadi anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater kelompok STESA terhadap pembentukan akhlaqul karimah.
Metode penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mendapatkan data yang diteliti peneliti mengambil data dari 23 sampel. Metode yang digunakan adalah angket atau kuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara. Kemudian hasil dari kuesioner dianalisis dengan regresi linier sederhana yang meliputi uji F dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil analisis penelitian, diketahui bahwa persamaan regresinya yaitu Y=-6.414 + 1.175X. Untuk uji F variabel manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater kelompok STESA berpengaruh terhadap pembentukan akhlaqul karimah, dengan Fhitung (26.286) > Ftabel (4.32). Jika F hitung lebih besar dari F table maka hasilnya adalah signifikan.
Dengan demikian uji hipotesis ini menerima hipotesis yang diajukan, bahwa manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater kelompok STESA berpengaruh terhadap pembentukan akhlaqul karimah siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi sekolah, guru dan siswa agar mempertahankan kegiatan ekstrakurikuler teater kelompom STESA karena mampu membantu pembentukam akhlaqul karimah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Teater; Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 07:44 |
Last Modified: | 10 Dec 2013 07:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/772 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year