Efektivitas penerapan strategi pembelajaran problem based learning terhadap pemecahan masalah matematika materi lingkaran di kelas VIII MTs Al-Ikhwan Klitih Karangtengah Demak tahun pelajaran 2015/2016

Salma, Maulida (2016) Efektivitas penerapan strategi pembelajaran problem based learning terhadap pemecahan masalah matematika materi lingkaran di kelas VIII MTs Al-Ikhwan Klitih Karangtengah Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI PDF.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rata-rata siswa kurang mampu menyelesaikan soal yang terkait dengan pemecahan masalah, untuk mengatasi masalah tersebut maka butuh strategi pembelajaran problem based learning agar siswa mampu mencari dan menemukannya sendiri masalahnya dengan menggunakan teknik pendekatan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran problem based learning terhadap pemecahan masalah matematika materi Lingkaran. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan desain pretest-posttest control group design dengan populasi penelitian ini berjumlah 64 siswa yang meliputi 32 siswa untuk VIII A (Kelas Eksperimen) dan 32 siswa kelas VIII B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis ttest.. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas penerapan strategi pembelajaran problem based learning terhadap pemecahan masalah matematika materi Lingkaran di Kelas VIII MTs Al-Ikhwan Klitih Karangtengah Demak Tahun Pelajaran 2015/2016 ditunjukkan bahwa rata-rata kelompok eksperimen
x
1 = 56.22 dan rata-rata kelompok kontrol
x
2 = 47.06 dengan n1 = 32 dan n2 = 32 diperoleh thitung = 2,673 ttabel taraf signifikasi 5% (32 + 32 - 2) = 62 = 1.6698. Karena thitung > ttabel, maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu penerapan strategi pembelajaran problem based learning efektif terhadap pemecahan masalah matematika materi Lingkaran di Kelas VIII MTs Al-Ikhwan Klitih Karangtengah Demak Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Problem based learning; Pemecahan masalah matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 18 May 2018 03:46
Last Modified: 18 May 2018 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7813

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics