Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut teori Anderson dan Krathwohl pada peserta didik kelas XI bilingual class system MAN 2 Kudus pada pokok bahasan program linier

Fery Anjani, Yullida (2017) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut teori Anderson dan Krathwohl pada peserta didik kelas XI bilingual class system MAN 2 Kudus pada pokok bahasan program linier. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya
tuntutan bagi peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi yang
ditunjukkan pada kompetensi inti nomor 3 dan 4 kelas XI,
akan tetapi pada praktik pembelajaran yang ada di kelas XI
bilingual class system MAN 2 Kudus peserta didik belum
diajarkan untuk berpikir tingkat tinggi.
Selain untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar
peserta didik, penelitian ini juga untuk mengetahui
kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan teori
Anderson dan Krathwohl. Menurut Anderson kemampuan
berpikir tingkat tinggi dibagi menjadi tiga, yaitu menganalisis,
mengevaluasi, dan mencipta. Ketiga kemampuan tersebut
dinilai berdasarkan proses, bukan hanya sekedar menilai
hasil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut teori Anderson &
Krathwohl pada peserta didik kelas XI Bilingual Class System
MAN 2 Kudus pada pokok bahasan program linier.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas XI MIA 5, karena kelas tersebut
memiliki nilai rata-rata UAS tertinggi dibandingkan dengan
kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4. Data yang diperoleh berasal dari
dokumentasi, tes, dan wawncara. Data yang telah terkumpul
kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Setelah dilakukan analisis terhadap data diperoleh
hasil bahwa pada tahap menganalisis hanya terdapat dua dari
vii
31 peserta didik yang mampu menyelesaikan soal atau hanya
sebanyak 6,45% peserta didik yang mampu mencapai
tahapan kemampuan menganalisis. Sedangkan 21 dari 31
peserta didik sudah mampu mencapai tahap mengevaluasi.
Ini berarti sebanyak 67,74% peserta didik sudah mampu
mencapai tahapan kemampuan mengevaluasi. Pada tahap
mencipta belum ada peserta didik yang mampu membuat
gagasan atau ide baru untuk menyelesaikan soal program
linier.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Tingkat Tinggi; Teori Anderson & Krathwohl; Berpikir matematis; Program linier
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 23 May 2018 09:16
Last Modified: 23 May 2018 09:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7826

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics