Efektivitas pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) dengan media rogsiling berbantu LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen tahun pelajaran 2016/2017
Wulan Sari, Riska Yani (2017) Efektivitas pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) dengan media rogsiling berbantu LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133511086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang efektivitas pembelajaran kooperatif
Team Assisted Individualization (TAI) dengan media Rogsiling berbantu
LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis
singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen Tahun pelajaran
2016/2017. Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya permasalahan
peserta didik pada materi garis singgung lingkaran di SMP N 1 Kayen.
Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan
penalaran peserta didik pada materi garis singgung lingkaran dikatakan
masih kurang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas
penerapan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization
(TAI) dengan media rogsiling berbantu LKPD sebagai solusi dari
permasalahan terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi
garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan bentuk true experimental design, sedangkan
rancangan penelitian menggunakan Posttest-Only Control Design. Sampel
penelitian adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang
pembelajarannya menggunakan model TAI dengan media rogsiling
berbantu LKPD dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang
menggunakan pembelajaran konvensional model ekspositori. Data yang
dikumpulkan berupa wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang
berupa tes terdiri dari dua tahap. Tes pertama dilakukan tehadap
kelompok populasi dan tes kedua dilakukan terhadap sampel.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan
penalaran matematis kelas eksperimen sebesar 72,73 dan rata-rata
kelas kontrol sebesar 59,17. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dengan
menggunakan uji-t satu pihak diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Assisted Individualization (TAI); Model pembelajaran; Rogsiling; Penalaran matematis |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ihsannudin Ihsannudin |
Date Deposited: | 25 May 2018 08:04 |
Last Modified: | 25 May 2018 08:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7829 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year