Efektivitas model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media manipulatif terhadap kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs N 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Rachmawati, Indah (2017) Efektivitas model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media manipulatif terhadap kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs N 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113611033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Kajian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa menyelesaikan soal dengan benar dan teliti, siswa menyelesaikan soal sesuai petunjuk guru, siswa kesulitan menyelesaikan soal dengan model yang berbeda dan menjabarkan jawaban dari pertanyaan yang saling berkaitan dan pengembangan, sehingga hasil belajar dibawah KKM. Selain itu siswa bosan dengan metode belajar yang digunakan, kurang paham dan tidak antusias karena tidak ada media. Hal ini menunjukkan siswa kurang kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Melalui model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif diharapkan dapat meningkatkan kreativitas pada materi bangun ruang sisi datar.
Jenis penelitian ini kuantitatif eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Semarang berjumlah 278 siswa dan sampelnya kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Variabel yang digunakan yaitu model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif sebagai variabel bebas dan kreativitas sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data meliputi: analisis instrumen, analisis tahap awal, dan analisis tahap akhir.
Uji hipotesis ketuntasan kelas eksperimen dengan uji rata-rata satu pihak kanan diperoleh = 6,526 dan = 1,69895. Karena maka rata-rata kelas ekperimen telah mencapai KKM. Selanjutnya uji perbandingan rata-rata, dari uji t-test 10,051 dan 1,6669. Karena , maka rata-rata kreativitas siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif lebih baik dari kelas yang menggunakan model ekspositori. Kemudian uji Gain diperoleh N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,708 dan N-Gain kelas kontrol yaitu 0,343. Artinya peningkatan kreativitas kelas yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media
manipulatif lebih baik dari kelas yang menggunakan model ekspositori.
Dari uraian diatas disimpulakan bahwa model pembelajaran NHT berbantuan media manipulatif efektif terhadap kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Numbered Heads Together (NHT); Media Manipulatif; Kreativitas siswa; Bangun ruang sisi datar |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ihsannudin Ihsannudin |
Date Deposited: | 25 May 2018 08:12 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 03:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7831 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year