Efektivitas model pembelajaran two stay two stray (TSTS) berbantuan alat peraga terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi pokok segi empat bagi kelas VII MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Lathifurrohman, Muhammad (2017) Efektivitas model pembelajaran two stay two stray (TSTS) berbantuan alat peraga terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi pokok segi empat bagi kelas VII MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Binder1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas efektivitas model pembelajaran two stay
two stray berbantuan alat peraga terhadap keaktifan dan prestasi
belajar siswa pada materi segiempat bagi kelas VII Mts Darul Ulum
Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Kajiannya dilatarbelakangi oleh
kurangnya keaktifan peserta didik dan pemahaman konsep yang
dikarenakan proses pembelajaran yang masih dengan penjelasan dari
Guru kemudian diberikan contoh soal selanjutnya langsung latihan
soal. Kurangnya keaktifan dan pemahaman peserta didik berakibat
pada rendahnya prestasi belajar peserta didik. Studi ini dimaksudkan
untuk menjawab permasalahan: Apakah model pembelajaran two stay
two stray berbantuan alat peraga pada materi segiempat efektif
terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa bagi kelas VII Mts Darul
Ulum Semarang?. Permasalahan tersebut dilakukan melalui penelitian
eksperimen yang berdesain posttest-only control design. Populasi
dalam penelitian ini peserta didik kelas VII Mts Darul Ulum
Semarang yang terdiri dari kelas VII A dan VII B. Penelitian ini
merupakan penelitian populasi oleh karena itu terpilih kelas VII A
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pada
akhir pembelajaran kedua kelas sama-sama diberi tes yang telah diuji
validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi,
observasi, dan tes. Berdasarkan analisis keaktifan dan prestasi belajar
dengan model pembelajaran two stay two stray berbantuan alat peraga
terdapat peningkatan keaktifan dan rata-rata prestasi belajar pada kelas
eksperimen yaitu 74,296 dan 77,296. Sedangkan pada kelas kontrol
menggunakan model small group discussion atau diskusi kelompok
vii
adalah 62,654 dan 70. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata
(uji t). Berdasarkan penelitian tentang keaktifan diperoleh thitung =
5,363 dan nilai ttabel = 1,675. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak.
Artinya rata-rata keaktifan peserta didik kelas VII yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan alat
peraga lebih besar dengan keaktifan peserta didik kelas VII dengan
menggunakan model pembelajaran small group discussion atau
diskusi kelompok. Pada penelitian tentang prestasi belajar diperoleh
thitung = 2,106 dan nilai ttabel = 1,675. Karena thitung > ttabel maka H0
ditolak. Artinya rata-rata prestasi belajar peserta didik kelas VII yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray
berbantuan alat peraga lebih besar dengan prestasi belajar peserta
didik kelas VII dengan menggunakan model pembelajaran small
group discussion atau diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata prestasi belajar
kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol sehingga dapat
dapat dikatakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan
alat peraga lebih efektif dari pada model small group discussion atau
diskusi kelompok pada materi segi empat bagi kelas VII Mts Darul
Ulum Semarang tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat peraga; Prestasi belajar; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ihsannudin Ihsannudin |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 05:57 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 05:57 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7855 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year