Efektivitas penggunaan komik matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs NU Al Hidayah Kudus tahun pelajaran 2012/2013 pada materi pokok himpunan
Arif, Abdul (2013) Efektivitas penggunaan komik matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs NU Al Hidayah Kudus tahun pelajaran 2012/2013 pada materi pokok himpunan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083511002_Coverdll.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
083511002_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (47kB) | Preview
083511002_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (84kB) | Preview
083511002_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (70kB) | Preview
083511002_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (91kB) | Preview
083511002_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
083511002_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan komik matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs NU Al Hidayah Kudus tahun pelajaran 2012/2013 pada materi pokok himpunan. Adapun rumusan masalahnya; apakah penggunaan media komik matematika dalam pembelajaran matematika efektif untuk meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan desain eksperimen one-shot case study. Kelas eksperimen dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas VII MTs NU Al Hidayah Kudus yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah peserta didik 267. Keenam kelas tersebut dilakukan uji normalitas dan kelas VII-F ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 41 peserta didik. Penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan (treatmen) berupa pembelajaran matematika menggunakan komik kepada kelas eksperimen.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Dari metode dokumentasi diperoleh data peserta didik kelas VII dan VIII MTs NU Al Hidayah Kudus, beserta data hasil ulangan semester gasal tahun pelajaran 2012/2013. Sedangkan tes diberikan setelah kelas ekperimen yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan komik matematika. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda butir soal tes.
Dalam menganalisis hipotesis digunakan uji z pihak kanan. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji z pihak kiri tersebut diperoleh z hitung = -7,691 dan pada daftar normal standar dengan 0,05 diperoleh nilai z = 1,64. Hal ini menunjukkan bahwa H0: diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih rendah dari pada nilai KKM. Selain itu, ketuntasan belajar kelas eskperimen hanya mencapai 17,07%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan komik matematika tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok himpunan kelas VII semester genap di MTs NU Al Hidayah tahun pelajaran 2012/2013.
Dengan adanya penelitian ini, pendidik tidak perlu menerapkan pembelajaran matematika menggunakan komik matematika karena terbukti tidak efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas variasi pembelajarannya di kelas agar peserta didik semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Matematika; Hasil Belajar; Himpunan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 08:06 |
Last Modified: | 29 May 2021 07:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/795 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year