Pengaruh penggunaan metode outdoor study dengan berbantu media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA materi berbagai bentuk energi dan cara penggunaanya kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Adiyawati, Liya (2017) Pengaruh penggunaan metode outdoor study dengan berbantu media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA materi berbagai bentuk energi dan cara penggunaanya kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911065.pdf]
Preview
Text
133911065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Metode Outdoor Study dengan Berbantu Medias Lingkungan Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA Materi Berbagai Bentuk Energi dan Cara Penggunaanya Kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembalajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh, hasil belajar kurang optimal, dan belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah metode Outdoor Study efektif terhadap hasil belajar IPA materi Berbagai Bentuk Energi dan Cara Penggunaanya kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SD Islam Al Madina Semarang. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah dengan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas Eksperimen.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung= 4,525 sedangkan t tabel= 1,66. Dan rata-rata nilai post test kelas eksperimen (Outdoor Study) = 77,00 dan kelas kontrol = 64,90. Dalam uji t akhir menunjukan bahwa pada penelitian ini maka, penerapan metode Outdoor Study efektif terhadap hasil belajar materi Berbagai Bentuk Energi dan Cara Penggunannya kelas IV SD Islam A l Madina Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Outdoor Study; Hasil belajar; Pembelajaran sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:57
Last Modified: 05 Jun 2021 05:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8276

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics