Analisis Strategi Pemasaran Produk SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) di KJKS BMT Al-Hikmah Ungaran
Al Faruqi, Luthfi (2013) Analisis Strategi Pemasaran Produk SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) di KJKS BMT Al-Hikmah Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
102503043_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
102503043_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (37kB) | Preview
102503043_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (76kB) | Preview
102503043_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (117kB) | Preview
102503043_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
102503043_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tindakan yang dianjurkan oleh Islam yaitu menabung, karena dengan menabung berarti seorang muslim mempersiapkan diri untuk pelaksanaan perencanaan masa yang akan datang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahi bagaimana operasionalisasi produk SIRELA di KJKS BMT Al-Hikmah Ungaran dan bagaimana strategi pemasaran produk SIRELA di KJKS BMT Al-Hikmah Ungaran. Jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di KJKS BMT Al-Hikmah Ungaran.
Tabungan SIRELA merupakan salah satu produk KJKS BMT Al-Hikmah yang ditujukan untuk membantu mitra dalam berinvestasi. SIRELA ini adalah produk penghimpunan dana dari masyarakat yang bertujuan untuk mengembangkan jumlah mitra yang berpartisipasi di KJKS BMT Al-Hikmah dan menambah jumlah asset produktif yang dimiliki KJKS BMT Al Hikmah. Pada dasarnya simpanan sukarela lancar bisa diambil sewaktu-waktu. Bagi hasil untuk simpanan sukarela lancar di KJKS BMT Al-Hikmah cukup kompetitif karena bagi hasil ini sebesar 30% untuk mitra dan banyak diminati oleh masyarakat. Strategi pemasaran yang dilakukan juga cukup baik karena masih bisa dijangkau oleh petugas bagian pemasaran kepada masyarakat.
Dari hasil penelitian ini diketahui dengan keunggulan-keunggulan produk SIRELA dan dalam pemasaran SIRELA sudah menggunakan strategi yang cukup baik untuk mempermudah para marketer dalam mengajak calon nasabah untuk membuka rekening SIRELA. Hanya saja kendala yang dihadapi mungkin berasal dari para marketer itu sendiri yang masih kurang dalam mengajak masyarakat untuk membuka rekening SIRELA, karena kebanyakan masyarakat yang meminta untuk mengajukan pembiayaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Simpanan Suka Rela Lancar (SIRELA) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Muhammad Qomarudin |
Date Deposited: | 11 Dec 2013 05:42 |
Last Modified: | 11 Dec 2013 05:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/828 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year