Meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan alat peraga sederhana pada siswa kelas IV SDIT Miftahussalam Mijen Kota Semarang tahun pelajaran2015/2016
Umi M., Kenyo Nuswantoro (2017) Meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan alat peraga sederhana pada siswa kelas IV SDIT Miftahussalam Mijen Kota Semarang tahun pelajaran2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
123911138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (970kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDIT Miftahussalam Mijen Semarang, melalui penerapan pembelajaran kooperatif melalui penggunaan alat peraga sederhana. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus, masing-masing siklus memiliki tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, catatan-lapangan, pemotretan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kooperatif dengan menggunakan alat peraga. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, karena dalam penelitian ini dilakukan observasi dengan menggunakan instrumen berupa tes formatif untuk mengetahui hasil belajar siswa akibat dari suatu perlakuan.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, catatan-lapangan, pemotretan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I motivasi belajar siswa adalah 77,88% dengan kategori baik meningkat menjadi 87,18% dengan kategori baik pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 91,66% dan meningkat menjadi 95,83% pada siklus II.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif melalui penggunaan alat peraga sederhana mampu meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa, (2) penerapan pembelajaran kooperatif melalui penggunaan alat peraga sederhana mampu meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pembelajaran kooperatif melalui penggunaan alat peraga dapat diterapkan oleh guru yang memiliki permasalahan yang sama yaitu tentang rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Alat peraga sederhana; Hasil belajar; Pembelajaran matematika; Bangun ruang; Bangun datar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 27 Sep 2018 00:33 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 03:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8321 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year