Strategi Pemasaran Produk Tabungan Investa Batara iB pada Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Semarang

Pujiati , Nanik (2013) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Investa Batara iB pada Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 102503053_Coverdll.pdf]
Preview
Text
102503053_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of 102503053_Bab1.pdf]
Preview
Text
102503053_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 102503053_Bab2.pdf]
Preview
Text
102503053_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 102503053_Bab3.pdf]
Preview
Text
102503053_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 102503053_Bab4.pdf]
Preview
Text
102503053_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 102503053_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
102503053_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran merupakan komponen managerial yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran. Strategi pemasaran bagi dunia perbankan yang merupakan organisasi bisnis adalah suatu kebutuhan utama yang harus dijalankan. Dan tanpa kegiatan pemasaran jangan diharapkan kebutuhan dan keinginan pelanggannya akan terpenuhi. Oleh karena itu, bagi dunia usaha apalagi seperti usaha perbankan perlu mengemas strategi pemasarannya secara tepat guna untuk mencapai tujuan dan sassaran organisasi .
Dari pengangkatan judul TA “STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN INVESTA BATARA iB PADA BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH CABANG SEMARANG” maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana gambaran umum mengenai produk Tabungan Investa Batara iB Pada BTN Syariah Kantor Cabang Semarang, (2) Bagaimana cara memasarkan produk Tabungan Investa Batara iB Pada BTN Syariah Kantor Cabang Semarang (3) Apa saja kendala yang dihadapi oleh BTN Syariah Cabang Semarang dalam memasarkan produk Tabungan Investa Batara iB.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis SWOT, karena pada penelitian ini penulis mendeskripsikan strategi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan Bank BTN kantor cabang Syariah Semarang, didalam menanggapi persaingan perbankan yang ada mengimplementasikan penerapan strategi pemasaran produk dana terkait komponen yang meliputi (product, price, place, promotion, process, personil, dan physical facility ) yang sesuai dengan pemasaran. Strategi pemasaran yang diaplikasikan oleh bank BTN KCS Semarang adalah melalui brosur, penjualan pribadi, informasi dari mulut ke mulut, promosi penjualan seperti pemberian hadiah bagi para nasabah yang memiliki loyalitas, publisitas produk dana mengikuti event pembiayaan KPR.
Kesimpulannya bahwa Bank BTN KCS Semarang dalam melakukan strategi pemasaran tersebut, lebih mengutamakan kenyamanan personal, keterampilan para personil yang ada dalam perusahaan tersebut, khususnya dalam menghadapi para pelanggan sehingga membawa kesan tersendiri bagi pelanggan. Selain itu, dalam memasarkan produk ini BTN KCS Semarang lebih kepada nasabah-nasabah yang melakukan pembiayaan KPR.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Produk Perbankan; Tabungan Investa Batara
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 11 Dec 2013 05:50
Last Modified: 11 Dec 2013 05:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics