Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis keterampilan proses sains pada materi kalor kelas VII

Khoiriyah, Siti (2017) Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis keterampilan proses sains pada materi kalor kelas VII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis keterampilan proses sains pada materi kalor kelas VII. LKS yang dikembangkan memuat aspek-aspek keterampilan proses sains yaitu mengobservasi, membuat hipotesis, merencanakan penelitian, mengendalikan variabel, menafsirkan data, menyusun kesimpulan sementara, memprediksi, menerapkan, mengkomunikasikan. LKS ini dikembangkan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006). Penelitian ini mencakup pengembangan produk dan yang diujicobakan terhadap 27 responden untuk skala terbatas dan 51 responden untuk skala luas, siswa kelas VII SMP N 2 Kaliori. Prosedur penelitian pengembangan LKS berbasis keterampilan proses sains meliputi empat tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan prototipe, uji lapangan dan penyebaran (diseminasi). Hasil uji menurut ahli materi dengan nilai 74% (Baik), menurut ahli media dengan nilai 89% (Sangat Baik), dan menurut guru IPA SMP N 2 Kaliori untuk validasi pertama dengan nilai 88% (Sangat Baik) dan validasi kedua dengan nilai 90% (Sangat Baik). Selanjutnya untuk tanggapan siswa terhadap LKS sangat baik. Hal ini diketahui dari uji skala terbatas memperoleh hasil 81% (Sangat Baik), dan uji skala luas memperoleh hasil 82% (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Lembar Kegiatan Siswa; Keterampilan Proses Sains; Pembelajaran fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:36
Last Modified: 15 Dec 2021 11:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8459

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics