Efektivitas model pembelajaran CORE berbantu benda tiga dimensi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus pada materi kubus dan balok tahun pelajaran 2016/2017

Auliya, Nailil Muna (2017) Efektivitas model pembelajaran CORE berbantu benda tiga dimensi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus pada materi kubus dan balok tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL PDF.pdf]
Preview
Text
FULL PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena adanya permasalahan yang dihadapi siswa dalam menjelaskan ulang konsep kubus dan balok dengan benar, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan konsep tersebut, mengaitkan berbagai konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, menerapkan konsep secara algoritma. Salah satu faktor penyebab permasalahan di atas adalah karena aktivitas belajar yang tidak mengajak siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri sehingga kemampuan pemahaman konsep matematis siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Exteding) berbantu benda tiga dimensi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Hidayatul Mustafidin tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Posttest only control design. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mustafidin yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji t-test dengan dan taraf signifikansidiperoleh. Karena maka ditolak yang artinya nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CORE berbantu benda tiga dimensi lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan nilai posttest diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eskperimen sebesar 74,333, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 66,318. Dari uraian di atas maka diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran CORE berbantu benda tiga dimensi efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus pada Materi Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Konsep matematis; Kubus dan balok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Dec 2018 08:00
Last Modified: 05 Dec 2018 08:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8645

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics