Efektivitas kombinasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan make a match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok teorema phytagoras kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Mijen Semarang tahun pelajaran 2017/2018
Falah N. S., Muh. (2018) Efektivitas kombinasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan make a match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok teorema phytagoras kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Mijen Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB) | Preview
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran di SMP Muhammadiyah 8 Mijen Semarang yaitu pada kelas VIII kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang masih rendah, hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar materi matematika yang berkaitan dengan soal cerita yang ada salah satunya dari materi teorema phytagoras dikarenakan peserta didik malas mengerjakan latihan soal yangberkaitan dengan latihan soal, peserta didik masih merasa bingung dalam membuat model matematika dari suatu permasalahan, kesalahan peserta didik dalam melakukan oprasi hitung matematika. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Make a Match terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema phytagoras peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Mijen Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Peneletian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Pre-test dan Post-test control design. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) dan Make a Match sedangkan variabel terikat penilitian adalah kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Mijen Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan 2 metode. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai Pre-test awal dari peserta didik.. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Data penelitian yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan
teknik analisis parametik. Berdasarkan hasil Post-test yang telah dilakukan diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas yang diberikan perlakuan model pembelajaran PBL dan Make a Match adalah 73,38 dan kelas yang tetap menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 60,32. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu uji pihak kanan diperoleh dan sehingga dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara kelas yang diberi perlakuan dan kelas yang tetap menggunakan model pembelajaran konvensional. Berarti dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini kombinasi model pembelajaran PBL dan Make a Match efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Mijen Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Make a match; Kemampuan pemecahan masalah matematika; Teorema phytagoras |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 08:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 04:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8650 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year