Pengaruh motivasi kerja dan persepsi guru mengenai iklim kerja terhadap kinerja guru di MA kota Semarang

Maesaroh, Chusnul (2018) Pengaruh motivasi kerja dan persepsi guru mengenai iklim kerja terhadap kinerja guru di MA kota Semarang. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of CHUSNUL MAESAROH___1500128016.pdf]
Preview
Text
CHUSNUL MAESAROH___1500128016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan agen perubahan yang dijadikan juru kunci dalam keberhasilan pendidikan. Berhasil tidaknya tujuan pendidikan salah satunya tergantung pada kinerja guru. faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru diantaranya yaitu motivasi kerja guru dan persepsi guru mengenai iklim kerja. Beberapa guru MA di kota Semarang memiliki motivasi yang kurang dan persepsi guru mengenai iklim kerja di sekolah kurang kondusif sehingga berdampak pada kinerja. Dari permasalahan tersebut difokuskan pada pertanyaan; (1) Apakah ada pengaruh signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru di MA Kota Semarang? (2) Apakah ada pengaruh signifikan antara persepsi guru mengenai iklim kerja terhadap kinerja guru di MA Kota Semarang? (3)Adakah pengaruh signifikan antara motivasi kerja dan persepsi guru mengenai iklim kerja terhadap kinerja guru di MA Kota Semarang?. metode yang digunakan adalah kuantitatif. Tempat penelitian di MA kota Semarang, meliputi: MAN 1 Semarang, MA NU Nurul Huda, MA Syariful Millah, MA Uswatun Hasanah dan MA Qosim Al Hadi. Sumber data diperoleh dari guru-guru yang bekerja di tempat penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru. Pengaruh signifikan antara persepsi guru mengenai iklim kerja terhadap kinerja guru. Serta terdapat pengaruh antara motivasi kerja dan persepsi guru mengenai iklim kerja terhadap kinerja guru yang signifikan. Signifikansi ini ditunjukkan pada taraf 5% (α=0,05). dari hasil penelitian tersebut dapat memberikan acuan bagi lembaga pendidikan tingkat MA untuk dapat memberikan dorongan yang kuat terhadap guru serta mengkondusifkan iklim kerja agar meningkatkan kinerja guru, karena terdapat pengaruh antara motivasi kerja dan persepsi guru mengenai iklim kerja guru terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi kerja; Iklim kerja; Kinerja guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 22 Jan 2019 01:20
Last Modified: 25 Jan 2021 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8678

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics