Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Memahami Keperwiraan Nabi Muhammad SAW dengan Menggunakan Metode Role Playing dan Team Quiz pada Kelas V di MI Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 2 Pulokulon Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013
Kholidatur Rohmah, Naili (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Memahami Keperwiraan Nabi Muhammad SAW dengan Menggunakan Metode Role Playing dan Team Quiz pada Kelas V di MI Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 2 Pulokulon Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911043_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (887kB) | Preview
083911043_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
083911043_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (142kB) | Preview
083911043_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
083911043_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
083911043_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
083911043_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengaplikasikan metode Role Playing dan Team
Quiz pada peserta didik kelas V MI Riyadlothut Tholibin 02 Panunggalan Pulokulon
Grobogan Tahun ajar 2012/2013. 2) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI
Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 02 Pulokulon Grobogan pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas
V MI Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 2 Pulokulon Grobogan. Dalam penerapannya
melalui 2 siklus, yaitu siklus I dan II, dan setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Pada kondisi awal sebelum diterapkanya metode Role Playing dan Team Quiz, ratarata
hasil belajar peserta didik sebesar 64,24 dengan ketuntasan belajar sebesar 51,51%.
Setelah dilaksanakan metode Role Playing dan Team Quiz hasil belajar peserta didik
meningkat. Pada siklus I, prosentasi rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 73,18
dengan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 72,72%. Pada siklus II, rata-rata hasil
belajar peserta didik yaitu sebesar 81,36 dengan ketuntasan belajar sebesar 93,93%. Dari
data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar dari sebelum diterapkannya
metode Role Playing dan Team Quiz dengan setelah metode Role Playing dan Team
Quiz diterapkan. Namun dari penelitian ini masih terdapat peserta didik yang dari siklus
pertama dan kedua mempunyai nilai di bawah indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan
karena daya ingat peserta didik yang lemah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Role Playing dan Team
Quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V khususnya pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MI Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 2 Pulokulon
Grobogan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Metode Role Playing; Metode Team Quiz; Metode Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 06:03 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 06:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/884 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year