Efektivitas penggunaan metode bercerita dengan bantuan benda konkrit terhadap penilaian keterampilan berbicara siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Rindyastuti, Ella (2018) Efektivitas penggunaan metode bercerita dengan bantuan benda konkrit terhadap penilaian keterampilan berbicara siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of PDF FULL.pdf]
Preview
Text
PDF FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Metode Bercerita dengan Bantuan Benda Konkrit terhadap Hasil Belajar Aspek Berbicara Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembalajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh, hasil belajar kurang optimal, dan belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah metode bercerita dengan bantuan benda konkrit efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek berbicara kelas II MI Al Koiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Al Koiriyyah 1 Semarang. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah posttest-only control design. Data hasil penelitian yang terkumpul, diananalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen metode bercerita dengan bantuan benda konkrit adalah 85, 31 dan kelompok kontrol 60, 00. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh t_hitung=8,61 dan t_tabel=1,697. Uji t akhir menunjukan bahwa pada penelitian ini t_hitung>t_tabel, maka, penerapan metode bercerita dengan bantuan benda konkrit efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek berbicara kelas II di MI Al Koiriyyah 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita; Benda konkrit; Keterampilan berbicara; Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:46
Last Modified: 05 Jun 2021 02:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8847

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics