Efektivitas model pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) terhadap hasil belajar siswa kelas X materi suhu dan kalor MA Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun pelajaran 2011/2012
Mufadiah, Mufadiah (2012) Efektivitas model pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) terhadap hasil belajar siswa kelas X materi suhu dan kalor MA Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083611018_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (575kB) | Preview
083611018_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (321kB) | Preview
083611018_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (658kB) | Preview
083611018_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (404kB) | Preview
083611018_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (549kB) | Preview
083611018_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (173kB) | Preview
083611018_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X materi suhu dan kalor MA Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MA Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X.1 merupakan kelas kontrol dan kelas X.2 merupakan kelas eksperimen. Untuk menentukan kelas kontrol dan eksperimen ditentukan langsung oleh peneliti. Kelas X.1 terdiri dari 24 peserta didik dan kelas X.2 terdiri dari 26 peserta didik. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Selain itu juga menggunakan metode tes untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan model tutor sebaya dengan pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) dan kelas yang menggunakan model konvensional. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan uji t-test dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 3,28, sedangkan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 69,23 dan kelompok kontrol = 60,00 juga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan pembelajaran model pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi atau masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) lebih baik daripada model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya; MODERAT; Modification of Reciprocal Teaching; Hasil Belajar; Suhu dan kalor |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 14 Dec 2013 03:18 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 01:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/914 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year