Efektivitas penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya kelas VIII SMP Nurul Islam Semarang

Nafiah, Niswatun (2018) Efektivitas penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya kelas VIII SMP Nurul Islam Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403066009.pdf]
Preview
Text
1403066009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol kelas VIII SMP Nurul Islam Seamarang dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya kelas VIII SMP Nurul Islam Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang berbeda yaitu kelas VIIIC (kelas eksperimen) dan kelas VIIID (kelas kontrol). Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diuji, kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen dengan menggunakan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences dan kelas kontrol menggunakan LKS. Hasil penelitian didapat bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa ditandai dengan adanya perbedaan rata-rata nilai posttest yang signifikan pada kedua sampel. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t tes, didapatkan bahwa t_(hitung )> t_tabel maka H_0 ditolak dan Ha diterima. (2) Modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan uji gain didapat g_eksperimen>g_kontrol sehingga kelas eksperimen memiliki efektivitas lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Hasil belajar; Unity of sciences; Integrasi sains dan Islam; Pembelajaran fisika; Cahaya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and related radiation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Apr 2019 13:07
Last Modified: 17 Dec 2021 10:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9341

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics