Identifikasi miskonsepsi menggunakan four-tier diagnostic test materi suhu dan kalor siswa SMA/MA
Sulistiawarni, Wanudya (2018) Identifikasi miskonsepsi menggunakan four-tier diagnostic test materi suhu dan kalor siswa SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1403066019.pdf - Accepted Version
Download (16MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA/MA menggunakan four-tier diagnostic test berbentuk pilihan ganda pada materi Suhu dan Kalor. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa yang teridentifikasi dengan four-tier diagnostic test materi Suhu dan Kalor di SMA/MA. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jatirogo tahun ajaran 2017/2018. Metode pengambilan data meliputi tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Four-tier diagnostic test adalah tes yang terdiri atas 4 tingkatan, yaitu soal dengan pilihan jawaban, pilihan tingkat keyakinan jawaban, pilihan alasan dan pilihan tingkat keyakinan alasan. Sebanyak 21 profil miskonsepsi siswa ditemukan pada materi Suhu dan Kalor dari hasil tes menggunakan instrumen tes yang telah diujikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Four-Tier Diagnostic Test; Miskonsepsi; suhu dan kalor; Pembelajaran fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 09:41 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 10:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9343 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year