Efektivitas pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012
Arifah, Khonis (2012) Efektivitas pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083511008_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
083511008_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (20kB) | Preview
083511008_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (124kB) | Preview
083511008_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
083511008_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (57kB) | Preview
083511008_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
083511008_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 80, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas VIIA yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 6.361, sedangkan t tabel =1.6671 Karena thitung > t tabel maka berarti rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80.5 dan kelompok kontrol = 65.125, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Metakognitif; Matematika; Media Pembelajaran; Index Card Match |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 05:15 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 09:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year