Efektivitas model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII MTs Yasi Kronggen Grobogan pada materi bangun ruang sisi datar tahun ajaran 2016/2017

Nuryani, Sabta (2018) Efektivitas model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII MTs Yasi Kronggen Grobogan pada materi bangun ruang sisi datar tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran yang pasif, peserta didik tidak memberikan umpan balik terhadap informasi yang diberikan guru. Jika peserta didik diberikan soal latihan, peserta didik kurang termotivasi untuk mengerjakannya dan bingung jika bentuk soal berbeda dengan yang dicontohkan oleh guru. Hal ini menunjukkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik rendah dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Melalui model pembelajaran Treffinger diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis peserta didik pada materi pokok bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini kuantitatif eksperimen dengan posttest control group design. Populasi seluruh peserta didik kelas VIII MTs YASI Kronggen berjumlah 99 siswa dan sampelnya kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Variabel yang digunakan yaitu model pembelajaran Treffinger sebagai variabel bebas dan kemampuan berfikir kreatif matematis sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data meliputi: analisis instrumen, analisis tahap awal, dan analisis tahap akhir. Hasil analisis data tahap akhir diperoleh thitung = 2,1344 dan ttabel = 1,669. Karena syarat bahwa H0 diterima apabila t hitung < t table, sedangkan hasil akhir menunjukkan thitung = 2,1344 > ttabel = 1,669 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata nilai post-test kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII MTs YASI Kronggen Grobogan pada materi bangun ruang sisi datar tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Treffinger; Kemampuan berpikir kreatif matematis; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Apr 2019 10:28
Last Modified: 30 Apr 2019 10:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9372

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics