Pengembangan media booklet matematika berbasis unity of sciences untuk meningkatkan disposisi matematis pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Gringsing tahun pelajaran 2017/2018

Muzdalifah, Muzdalifah (2018) Pengembangan media booklet matematika berbasis unity of sciences untuk meningkatkan disposisi matematis pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Gringsing tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap disposisi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gringsing. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara oleh guru matematika dan hasil dari angket kebutuhan belajar siswa. Kurangnya pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya sikap disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran booklet matematika berbasis Unity Of Sciences dengan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yang baik yang mampu meningkatkan disposisi matematis siswa khususnya pada materi lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D dari Sivasailam Thiangarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974) yang telah dimodivikasi menjadi 3D, yang memuat tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap pengembangan (Develop). Tahap Define dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan yang ada dilapangan meliputi analisis ujung depan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap Design dilakukan dengan merancang bentuk dasar dari produk yang akan dikembangkan yang meliputi penyusunan angket, pemilihan media, dan pemilihan format. Develop dilakukan dengan validasi dan ujicoba produk untuk memperoleh produk yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan disposisi matematis. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil validasi ahli media dan ahli materi yaitu 78,33% sehingga media booklet matematika berbasis Unity Of Sciences masuk dalam kriteria valid namun diperlukan sedikit revisi. Analisis uji kepraktisan media booklet matematika berbasis Unity Of Sciences dilakukan oleh guru dan siswa. Rata-rata perolehan respon guru dan respon siswa sebesar 79,45% sehingga media booklet matematika berbasis Unity Of Sciences masuk dalam kriteria praktis. Sedangkan uji keefektifan diperoleh dari angket disposisi pre-tes diperoleh persentase 67,42%. dan hasil angket disposisi post-test diperoleh persentase skor sebesar 80,59%. Dari perolehan nilai diketahui terjadi suatu peningkatan sebesar 13,17%, kemudian nilai dihitung dengan n-gain sehingga diketahui peningkatan sebesar 0,404 yang masuk dalam kriteria sedang. Hal tersebut menyatakan bahwa media booklet matematika berbasis Unity Of Sciences efektif meningkatkan disposisi matematis siswa. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media booklet matematika berbasis Unity Of Sciences pada materi lingkaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran matematika; Booklet; Unity of sciences; Integrasi sains dan Islam; Disposisi matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 02 May 2019 07:56
Last Modified: 02 May 2019 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9378

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics