Pengaruh model pembelajaran time token berbantu media gambar terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V materi menanggapi persoalan faktual di MI Mambaul Ulum Karangawen Demak tahun ajaran 2017/2018
Nikmah, Mamluatun (2018) Pengaruh model pembelajaran time token berbantu media gambar terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V materi menanggapi persoalan faktual di MI Mambaul Ulum Karangawen Demak tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Mamluatun Nikmah___1403096050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Time token merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan sosial sehingga menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya model pembelajaran time token berbantu media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Kelas Vb berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kelas Va berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantu media gambar. Berdasarkan data yang diperoleh, Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil t_hitung>t_tabel yaitu 3,444 > 1,677. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran time token berbantu media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia materi menanggapi persoalan faktual di MI Mambaul Ulum Karangawen Demak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Time token; Keterampilan berbicara; Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 13 Jul 2019 02:15 |
Last Modified: | 29 May 2021 07:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9764 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year