Pengaruh model structured dyadic methods (SDM) berbantu media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas II materi kenampakan matahari di SD Islam Fastabiq Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2017/2018

Jannah, Umi Dzikriyatul (2019) Pengaruh model structured dyadic methods (SDM) berbantu media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas II materi kenampakan matahari di SD Islam Fastabiq Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Umi Dzikriyatul Jannah___1403096071.pdf]
Preview
Text
Umi Dzikriyatul Jannah___1403096071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik dalam memahami materi kenampakan matahari pada mata pelajaran IPA yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Structured Dyadic Methods (SDM) berbantu media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA kelas II materi kenampakan matahari di SD Islam Fastabiq Purwodadi Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IIa sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas IIb sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes.
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Berdasarkan hasil post-test yang telah dilakukan, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 73,88 dengan standar deviasi (s) 15,10. Sementara nilai rata-rata nilai eksperimen adalah 88,75 dengan standar deviasi (s) 10,11. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung = 3,60 dan t_tabel= 2,02809. Karena t_hitung>t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada perbedaan signifikan pemahaman peserta didik yang menggunakan model Structured Dyadic Methods (SDM) berbantu media kartu bergambar dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional.
Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model Structured Dyadic Methods (SDM) berbantu media kartu bergambar berpengaruh terhadap pemahaman konsep pada mata peajaran IPA kelas II materi kenampakan matahari di SD Islam Fastabiq Purwodadi Grobogan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Structured Dyadic Methods (SDM); Media pembelajaran; Kartu gergambar; Pembelajaran sains; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:45
Last Modified: 29 May 2021 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9779

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics