Meningkatkan kreativitas anak melalui bermain dan berkarya dari bentuk geometri kelompok B di RA Nurussibyan Randu Garut Tugu Semarang tahun ajaran 2017/2018

Kustiani, Riza (2019) Meningkatkan kreativitas anak melalui bermain dan berkarya dari bentuk geometri kelompok B di RA Nurussibyan Randu Garut Tugu Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI RIZA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI RIZA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas meningkatkan kreativitas anak melalui bermain dan berkarya dari bentuk geometri kelompok B di RA Nurussibyan Randu Garut Tugu Semarang tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Nurussibyan yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 4 anak perempuan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan, yaitu 1) Perencanaan 2) Tindakan/implementasi 3) Pengamatan/observasi 4) Refleksi. Dengan teknik analisis kuantitatif deskriptif dan deskriptif kualitatif . tindakan penelitian kelas dipilih untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B yang kegiatannya yaitu bermain dan berkarya dari bentuk geometri. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak meningkat setelah dilaksanakannya tindakan bermain dan berkarya dari bentuk geometri . Meningkatnya kreativitas anak dapat dilihat dari hasil observasi yang telah dilakukan pada Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Sebelum dilakukan tindakan 2 anak menunjukkan kreativitas dengan kriteria tinggi, 0 anak menunjukkan kriteria cukup, 5 anak menunjukkan kriteria kurang, dan 8 anak menunjukkan kriteria rendah. Kemudian pada Siklus I 7 anak menunjukkan kriteria tinggi, 4 anak menunjukkan kriteria cukup, 2 anak menunjukkan kriteria kurang, dan 2 anak menunjukkan kriteria rendah. Hasil kreativitas anak kelompok B RA Nurussibyan meningkat dengan signifikan.
Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yang dilakukan pada Siklus II , yaitu 12 anak atau 80% menunjukkan kriteria tinggi dan 3 anak atau 20% menunjukkan kriteria cukup serta tidak ada anak dalam kriteria kurang dan rendah. Anak telah mencapai aspek kreativitas yang ditentukan. . Dapat disimpulkan kreativitas anak meningkat setelah dilakukan tindakan bermain dan berkarya dari bentuk geometri, dari hasil observasi kreativitas anak pada Pra Siklus, yaitu 43,33% meningkat pada siklus I, yaitu 58,33% dan pada Siklus II meningkat menjadi 87,92%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas anak; Metode pembelajaran; Bermain; Berkarya; Geometri; Pendidikan Islam anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Jul 2019 00:57
Last Modified: 22 May 2021 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9798

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics