Penggunaan media permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Islam Terpadu Tazkia Cangkiran Mijen Semarang tahun ajaran 2018/2019

Khusnaya, Fita Uly (2019) Penggunaan media permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Islam Terpadu Tazkia Cangkiran Mijen Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi revisi lengkap fita.pdf]
Preview
Text
skripsi revisi lengkap fita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan banyaknya anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan khususnya pada kelompok A, sehingga memerlukan adanya Penggunaan media untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan yaitu dengan media permainan kartu angka. Studi ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Penggunaan media permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Islam Terpadu Tazkia? (2) Apakah Penggunaan media permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Islam Terpadu Tazkia?.
Skripsi ini dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus tahapannya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan kartu angka yang dilaksanakan dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan siswa TK Islam Terpadu Tazkia. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan pada tiap aspek penelitian. Pada siklus I dilakukan 3 kali pertemuan dan siklus II diklakukan 3 kali pertemuan. Kemampuan mengenal konsep bilangan pada pra siklus 56,82%, meningkat pada siklus I menjadi 62,12% dan meningkat pada siklus II mencapai 84,85%. Peningkatan pra siklus sampai siklus I yaitu 5,5%. Kemudian pada siklus I sampai siklus II yaitu 22%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Permainan kartu angka; Konsep bilangan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:16
Last Modified: 22 May 2021 06:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9806

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics