Efektivitas pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Jepara pada materi bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2017/2018

Safitri, Aulia (2018) Efektivitas pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Jepara pada materi bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII MTsN 1 Jepara. Latar belakang penelitian ini adalah karena permasalahan yang dihadapi peserta didik, berupa rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Salah satu faktor penyebab dari permasalahan tersebut adalah pembelajaran yang dimana guru hanya menjelaskan dan mencatat materi yang disampaikan didepan kelas. Peserta didik hanya menerima materi tanpa bisa berfikir dan menemukan sendiri permasalahan dari materi tersebut hal ini menjadikan peserta didik pasif dan kurang aktif sehingga peserta didik sulit untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, adapun desain desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prestest-Posttest Control Grup Design. Pengambilan sempel dalam penelitian ini teknik sampling purposive, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII I sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dengan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji perbedaan rata-rata dengan menggunkan uji-t, diperoleh t_hitung=8,439>t_tabel=1.67 Maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan rata-rata antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs N 1 Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Pembelajaran berbasis proyek; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:37
Last Modified: 27 Jul 2019 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9894

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics