Pengaruh model pembelajaran VAK (visual, auditorial, kinestetik) dan gaya belajar terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTS Al-Ghozali Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018
Syifa, Layinatus (2019) Pengaruh model pembelajaran VAK (visual, auditorial, kinestetik) dan gaya belajar terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTS Al-Ghozali Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa di MTs Al-Ghozali. Hal ini disebabkan karena rendahnya minat siswa dalam mempelajari matematika serta adanya perbedaan gaya belajar tiap siswa. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran VAK agar tercipta suasana belajar yang menarik serta menyenangkan. Model pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk mengatasi perbedaan gaya belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan : 1) Apakah ada pengaruh antara model model pembelajaran VAK terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Al-Ghozali Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018. 2) Apakah ada pengaruh antara gaya belajar terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII MTs Al-Ghozali pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Al-Ghozali Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018. 3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran VAK dan gaya belajar terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII MTs Al-Ghozali pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Al-Ghozali Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi sebanyak 32 siswa kelas VIII MTs Al-Ghozali Mranggen Demak. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan kognitif , angket gaya belajar siswa serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalur pada taraf signifikan = 0,05, menggunakan Uji-F dan uji lanjut menggunakan uji schaffe’.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan model VAK terhadap kemampuan kognitif, hal ini ditunjukkan dengan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 11,432 ≥ 4,22. (2) Ada pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan kognitif, hal ini ditunjukkan dengan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 19,716 ≥ 3,37. (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan model VAK dan gaya belajar terhadap kemampuan kognitif, hal ini ditunjukkan dengan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 2,274 ≤ 3,37.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Visual, auditorial, kinestetik (VAK); Gaya belajar; Kemampuan kognitif; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ricky Dwi Kurnianto |
Date Deposited: | 27 Jul 2019 03:53 |
Last Modified: | 27 Jul 2019 03:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9897 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year