Analisis kesalahan siswa SMK Hasyim Asy’ari Bojong dalam menyelesaikan soal pada materi aplikasi barisan kelas X semester genap berdasarkan teori Watson

Rahmawati, Liya (2018) Analisis kesalahan siswa SMK Hasyim Asy’ari Bojong dalam menyelesaikan soal pada materi aplikasi barisan kelas X semester genap berdasarkan teori Watson. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu peserta didik banyak yang belum mencapai KKM, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami soal matematika berbentuk cerita, peserta didik sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal aplikasi barisan dengan kriteria Watson. Adapun metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil penelitian bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan Data tidak tepat (Inappropriate data) dengan persentase 38,7%, kesalahan Prosedur tidak tepat (Inappropriate procedure) dengan persentase16,77%, kesalahan Kesimpulan hilang (Omitted conclusiom) dengan persentase 0,65%, kesalahan Manipulasi tidak langsung (Undered manipulation) dengan persentase 2,6%, kesalahan Manipulasi masalah hierarki ketrampilan (Skill hierarchy problem) dengan persentase 23,18%, kesalahan Selain tujuh jenis kesalahan (Above other)dengan persentase16,77%. Penyebab kesalahan ini antara lain karena peserta didik tidak bisa mengabstraksikan apa yang diketahui dari soal, serta peserta didik menggunakan rumus yang tidak tepat karena tidak teliti dalam membaca soal, kurang menguasai konsep barisan dengan baik, kurangnya keterampilan peserta didik mengenai perhitungan angka desimal, peserta didik tidak bisa megabstraksi data yang telah diketahui, peserta didik tidak memahami maksud soal sehingga menyebabkan kegagalan dalam mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan; Teori Watson; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:54
Last Modified: 27 Jul 2019 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9898

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics