Studi eksperimen implementasi metode edutainment belance terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam materi Fathu Makkah kelas V MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang tahun 2010

Aisah, Siti (2011) Studi eksperimen implementasi metode edutainment belance terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam materi Fathu Makkah kelas V MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang tahun 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111553_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111553_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 73111553_bab1.pdf]
Preview
Text
73111553_bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 73111553_bab2.pdf]
Preview
Text
73111553_bab2.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 73111553_bab3.pdf]
Preview
Text
73111553_bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 73111553_bab4.pdf]
Preview
Text
73111553_bab4.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 73111553_bab5.pdf]
Preview
Text
73111553_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 73111553_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111553_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa jauh perbedaan yang positif pada motivasi belajar SKI materi Fathu Makkah siswa kelas V MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang Tahun 2010 sebelum dan sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe.
Penelitian ini menggunanakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Subyek penelitian ini sebanyak 20 responden, menggunakan teknik sampel quota dari siswa MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang Tahun 2010. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data motivasi belajar SKI sesudah (X1) dan sebelum ( X2) menerapkan metode Edutainment Belanbe.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t (t-test), dari tabel t untuk uji dua sisi pada distribusi student (t) dengan df 38 diperoleh 2,02 dan perhitungan t dari rerata kedua nilai diperoleh 5,025 . Hal ini menunjukkan bahwa t > t tabel yaitu 5.025 > 2,02, jadi signifikan ada perbedaan pada motivasi belajar SKI sebelum dengan sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe. Hal ini dapat juga dapat dilihat dari : 1) Peserta didik yang memiliki motivasi sedang sebelum diterapkannya metode Edutainment Belanbe sebanyak 5 siswa dan sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe ada sebanyak 13 siswa. 2). Peserta didik yang memiliki motivasi rendah sebelum diterapkan metode Edutainment Belanbe yaitu sebanyak 9 siswa dan yang memiliki motivasi rendah sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe yaitu sebanyak 7 siswa. 3). Yang memiliki motivasi sangat rendah sebelum diterapkan metode Edutainment Belanbe yaitu sebanyak 6 siswa, dan sesudah diterapkan metode tersebut tidak ada lagi yang memiliki motivasi rendah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Sejarah Kebudayaan Islam; Motivasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Jun 2014 04:10
Last Modified: 25 Jun 2014 04:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics