Implementasi penggunaan audio visual mata pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tambah Mulyo Jakenan Pati tahun 2010

Roto, Roto (2011) Implementasi penggunaan audio visual mata pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tambah Mulyo Jakenan Pati tahun 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111220_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111220_bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111220_bab2.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111220_bab3.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111220_bab4.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111220_bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111220_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Implementasi Penggunaan Audio Visual Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Terhadap Peningkatan Hasil belajar Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tambah Mulyo Jakenan Pati Tahun 2010 Studi Tindakan Kelas di Kelas IV Semester Genap MI Tarbiyatul Islamiyah Tambah Mulyo Jakenan Pati Tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Penerapan media Audio Visual (LCD), Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits materi surat al Lahab kelas IV semester 2, di MI Tarbiyatul Islamiyah Tambah Mulyo Jakenan Pati Tahun 2010 (2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media Audio Visual (LCD) (3) Apakah ada peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media Audio Visual (LCD), Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits materi surat al Lahab kelas IV semester 2, di MI Tarbiyatul Islamiyah Tambah Mulyo Jakenan Pati Tahun 2010 ? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas IV semester 2, di MI Tarbiyatul Islamiyah Tambah Mulyo Jakenan Pati. Subyek yang akan diteliti adalah peserta didik pada kelas IV yang berjumlah 30 peserta didik dari populasi 186 peserta didik. Penelitian ini bermula dari teridentifikasinya masalah pembelajaran yang diperoleh dari hasil observasi secara langsung di kelas IV melalui prasiklus dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran al Qur’an Hadits yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung mempunyai prosentase 37,5 % dan hasil belajar rata-rata 60,70 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini kemudian menetapkan indikator keberhasilan yaitu rata-rata hasil belajar adalah 6,8 dengan ketuntasan klasikal 80 %.. Hasil penelitian disiklus I diperoleh nilai keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 85 %, rata-rata tes akhir 91,00 dan ketuntasan klasikal 100%. Dari siklus ini diketahui bahwa indikator penelitian telah terpenuhi dan dengan demikian tidak ada siklus lanjutan. Dari hasil penelitian ini jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan media Audio Visual (LCD). Peningkatan bukan hanya pada hasil belajar namun juga keaktifan belajar dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) terutama guru untuk menggunakan pendekatan, model dan metode pembelajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan materi serta kondisi saat pembelajaran baik lingkungan pembelajaran ataupun peserta didik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan proses pembelajaran pun maksimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al Qur’an Hadits; Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Audio Visualllll
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:10
Last Modified: 17 Jul 2014 01:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item