Implementasi model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok cahaya (penelitian tindakan kelas di kelas VIII A semester II MTs Fatahillah Bringin kecamatan Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2009/2010)

Subakir, Muhammad (2010) Implementasi model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok cahaya (penelitian tindakan kelas di kelas VIII A semester II MTs Fatahillah Bringin kecamatan Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2009/2010). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105045_Coverdll.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105045_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105045_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105045_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105045_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105045_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105045_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Menemukan skenario pembelajaran IPA (fisika) dengan implementasi model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM materi pokok cahaya semester II kelas VIII A MTs Fatahillah Semarang Tahun pelajaran 2009/2010 yang lebih operasional, 2).Meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA (fisika) dengan menggunakan model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM materi pokok cahaya semester II kelas VIII A MTs Fatahillah Semarang Tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada peserta didik kelas VIIIA MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang dengan penggunaan model spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart yang pelaksanaan tindakannya dalam siklus. Setiap siklus terdapat empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar kusioner dan lembar observasi. Data yang sudah terkumpul, dianalisis secara kuantitatif dengan mencari nilai rata-rata dan persentase yang digunakan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa maupun sikap siswa terhadap proses pembelajaran fisika, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memberikan penjelasan terhadap peningkatan minat belajar siswa dan sikap siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM materi pokok cahaya. Melalui model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM minat siswa pada pembelajaran IPA dapat ditingkatkan sebesar 27,27% dari 60,60% pada siklus I menjadi 87,87% pada siklus II. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil/tercapai karena sudah mencapai indikator keberhasilan yakni meningkatnya minat belajar siswa baik individu maupun kelompok yang ditandai dengan banyaknya siswa yang berminat ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian ini, implementasi model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok cahaya semester II kelas VIII A MTs Fatahillah Semarang Tahun pelajaran 2009/2010.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Concept Mapping; PAIKEM; Minat Belajar; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and paraphotic phenomena
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Andi Fadlan, M. Sc.; H. Mursid, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 10:00
Last Modified: 31 Dec 2014 10:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item