Implementasi model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok cahaya (penelitian tindakan kelas di kelas VIII A semester II MTs Fatahillah Bringin kecamatan Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2009/2010)
Subakir, Muhammad (2010) Implementasi model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok cahaya (penelitian tindakan kelas di kelas VIII A semester II MTs Fatahillah Bringin kecamatan Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2009/2010). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105045_Coverdll.pdf
Download (2MB) | Preview
3105045_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
3105045_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (395kB) | Preview
3105045_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (40kB) | Preview
3105045_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (269kB) | Preview
3105045_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
3105045_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Menemukan skenario pembelajaran IPA (fisika) dengan implementasi model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM materi pokok cahaya semester II kelas VIII A MTs Fatahillah Semarang Tahun pelajaran 2009/2010 yang lebih operasional, 2).Meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA (fisika) dengan menggunakan model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM materi pokok cahaya semester II kelas VIII A MTs Fatahillah Semarang Tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada peserta didik kelas VIIIA MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang dengan penggunaan model spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart yang pelaksanaan tindakannya dalam siklus. Setiap siklus terdapat empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar kusioner dan lembar observasi. Data yang sudah terkumpul, dianalisis secara kuantitatif dengan mencari nilai rata-rata dan persentase yang digunakan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa maupun sikap siswa terhadap proses pembelajaran fisika, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memberikan penjelasan terhadap peningkatan minat belajar siswa dan sikap siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM materi pokok cahaya.
Melalui model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM minat siswa pada pembelajaran IPA dapat ditingkatkan sebesar 27,27% dari 60,60% pada siklus I menjadi 87,87% pada siklus II. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil/tercapai karena sudah mencapai indikator keberhasilan yakni meningkatnya minat belajar siswa baik individu maupun kelompok yang ditandai dengan banyaknya siswa yang berminat ≥ 75%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, implementasi model pembelajaran concept mapping berbasis PAIKEM dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok cahaya semester II kelas VIII A MTs Fatahillah Semarang Tahun pelajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Andi Fadlan, M. Sc.; H. Mursid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Concept Mapping; PAIKEM; Minat Belajar; Fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and related radiation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 31 Dec 2014 10:00 |
Last Modified: | 31 Dec 2014 10:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3208 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year