Analisis pembelajaran Pogil-Reteach dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MA Mathaliul Huda Pucakwangi Pati pada materi hidrolisis

Fitroatin, Ida (2016) Analisis pembelajaran Pogil-Reteach dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MA Mathaliul Huda Pucakwangi Pati pada materi hidrolisis. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar perlu ditingkatkan karena berpengaruh pada prestasi siswa. Selain itu, Jika siswa termotivasi dalam belajar, maka siswa akan bersungguh-sungguh dalam mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun dengan harapan memperoleh hasil yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran POGIL-Reteach. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan dari hasil perhitungan rata-rata skor angket motivasi belajar didapatkan kenaikan sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran POGIL-Reteach yaitu 58,06 menjadi 82 yang berada pada kategori cukup. Selain itu, presentase pada tiap indikator motivasi belajar diperoleh: 1) Adanya hasrat dan keinginan untuk melakukan kegiatan mencapai 65% dari yang diharapkan 2) Adanya dorongan dan kebutuhan melakukan kegiatan mencapai 67% dari yang diharapkan 3) Adanya harapan dan cita-cita mencapai 72% dari yang diharapkan 4) Adanya penghormatan dan penghargaan atas diri mencapai 76% dari yang diharapkan 5) Adanya lingkungan yang baik mencapai 72% dari yang diharapkan 6) Adanya kegiatan yang menarik mencapai 58% dari yang diharapkan. Dari presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa tingginya presentase per indikator motivasi belajar menunjukkan tingginya motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pogil-Reteach; Motivasi belajar; Pembelajaran fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Additional Information: Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, S. Pd., M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:35
Last Modified: 19 May 2017 08:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6870

Actions (login required)

View Item View Item