Analisis pembelajaran Pogil-Reteach dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MA Mathaliul Huda Pucakwangi Pati pada materi hidrolisis
Fitroatin, Ida (2016) Analisis pembelajaran Pogil-Reteach dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MA Mathaliul Huda Pucakwangi Pati pada materi hidrolisis. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (438kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (122kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (900kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (406kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (87kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (90kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar perlu ditingkatkan karena berpengaruh pada prestasi siswa. Selain itu, Jika siswa termotivasi dalam belajar, maka siswa akan bersungguh-sungguh dalam mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun dengan harapan memperoleh hasil yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran POGIL-Reteach. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan dari hasil perhitungan rata-rata skor angket motivasi belajar didapatkan kenaikan sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran POGIL-Reteach yaitu 58,06 menjadi 82 yang berada pada kategori cukup. Selain itu, presentase pada tiap indikator motivasi belajar diperoleh: 1) Adanya hasrat dan keinginan untuk melakukan kegiatan mencapai 65% dari yang diharapkan 2) Adanya dorongan dan kebutuhan melakukan kegiatan mencapai 67% dari yang diharapkan 3) Adanya harapan dan cita-cita mencapai 72% dari yang diharapkan 4) Adanya penghormatan dan penghargaan atas diri mencapai 76% dari yang diharapkan 5) Adanya lingkungan yang baik mencapai 72% dari yang diharapkan 6) Adanya kegiatan yang menarik mencapai 58% dari yang diharapkan. Dari presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa tingginya presentase per indikator motivasi belajar menunjukkan tingginya motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, S. Pd., M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Pogil-Reteach; Motivasi belajar; Pembelajaran fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 19 May 2017 08:35 |
Last Modified: | 19 May 2017 08:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6870 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year