Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok kelas V MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Rizqiyyah, Nurul Fajriyati (2018) Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok kelas V MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini akan membahas kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yan berkaitan dengan volume kubus dan balok kelas V MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, kesulitan siswa dan solusi dalam menyelesaikan soal matematika pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yan berkaitan dengan volume kubus dan balok kelas V MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian jenis penelitian lapangan. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan pada kelas V A, B, dan D MI Nashrul Fajar Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan tes, peneliti melakukan validitas soal, untuk mengetahui tingkat kevalidan soal yang akan digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok, sebagai berikut: a. Motivasi belajar yang kurang, b. Kurangnya kesiapan belajar, c. Siswa kurang konsetrasi dalam pembelajaran, d. Kemampuan mengingat siswa. (2) analisis kesulitan dan solusi siswa dalam menyelesaikan soal pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok, sebagai berikut: a. kelemahan dalam menghitung, b. Kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, c. Pemahaman bahasa matematika yang kurang, d. Kesulitan dalam persepsi visual, untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut maka diperlukan solusi, yakni: a. Setiap hari ketika mulai pembelajaran guru hendaknya mengingatkan tentang materi perhitungan, yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, b. Mewujudkan suasana pembelajaran yang sesuai dengan materi dan menyenangkan, c. Sebagai guru sebaiknya menggunakan strategi dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi untuk mempermudah siswa menguasai materi tersebut, d. mengadakan jam pelajaran khusus untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar, e. Mengadakan komunikasi yang baik dengan orang tua siswa, untuk mengontrol belajar siswa ketika berada di lingkungan keluarga (rumah).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSutiyono, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorPurwanti, Kristi LianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesulitan siswa; Pembelajarn matematika; Volume kubus dan balok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 27 Sep 2018 00:35
Last Modified: 27 Sep 2018 00:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item View Item