Pelaksanaan metode bercakap-cakap dalam pengembangan keterampilan bicara anak kelompok B.1 di RA Permata Belia Kalipancur Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Isnaini, Siti Nur Indah (2019) Pelaksanaan metode bercakap-cakap dalam pengembangan keterampilan bicara anak kelompok B.1 di RA Permata Belia Kalipancur Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi full word.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah realita akan pentingnya pengembangan keterampilan bicara anak sejak usia dini salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode bercakap-cakap. Penelitian ini dilakukan di RA Permata Belia Kalipancur Semarang, karena disana menerapkan metode bercakap-cakap. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana pelaksanaan metode bercakap-cakap dalam pengembangan keterampilan bicara anak kelompok B.1 di RA Permata Belia? 2) Bagaimana keterampilan bicara anak kelompok B.1 dalam pelaksanaan metode bercakap-cakap di RA Permata Belia? 3) bagaimana faktor pendukung dan penghambat metode pelaksanaan metode bercakap-cakap dalam pengembangan keterampilan bicara anak di RA Permata Belia?. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki yaitu RA Permata Belia Kalipancur Semarang. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dimana hasil penelitiannya berbentuk deskripsi kata-kata. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pelaksanaan metode bercakap-cakap di RA Permata Belia sudah berjalan dengan baik dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keterampilan bicara anak sudah baik dari 20 anak terdapat tiga anak yang perkembangan keterampilan bicara masih kurang. Faktor pendukung dari pelaksanaan metode bercakap-cakap yaitu keahlian guru, adanya media pembelajaran yaitu media gambar dan kondisi siswa yang tertib dan aktif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terdapat beberapa anak yang volume suaranya kecil pada saat berbicara, terdapat anak yang kurang memperhatikan guru, terdapat anak pasif, dan media pembelajaran yang terbatas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKhunaifi, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Bercakap-cakap; Keterampilan berbicara
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:12
Last Modified: 20 Jul 2019 02:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9802

Actions (login required)

View Item View Item