Peningkatan keterampilan membaca dan menulis melalui media flashcard dan metode peer lesson di kelas III MI Sambongsari Weleri Kendal tahun 2014

Syarifah, Syarifah (2014) Peningkatan keterampilan membaca dan menulis melalui media flashcard dan metode peer lesson di kelas III MI Sambongsari Weleri Kendal tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133911182_coverdll.pdf]
Preview
Text
133911182_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 133911182_bab1.pdf]
Preview
Text
133911182_bab1.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 133911182_bab2.pdf]
Preview
Text
133911182_bab2.pdf - Accepted Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 133911182_bab3.pdf]
Preview
Text
133911182_bab3.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 133911182_bab4.pdf]
Preview
Text
133911182_bab4.pdf - Accepted Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 133911182_bab5.pdf]
Preview
Text
133911182_bab5.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 133911182_bibliografi.pdf]
Preview
Text
133911182_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (137kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi keterampilan membaca dan menulis menjadi sesuatu yang sangat sulit bagi siswa, terutama siswa Kelas III MI Muhammadiyah Sambongsari Weleri Kendal. Evaluasi pembel membaca menulis yang dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2014 ternyata 75% siswa mendapat nilai kurang dari 70 dari jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Kekurangterampilan siswa membaca dan menulis deskripsi terletak pada (1) cara melafalkan huruf yang tidak jelas dan runtut, (2) membaca suku kata, kata dan kalimat sederhana yang tidak jelas dan runtut, (3) tulisannya yang masih banyak kesalahan.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media flashcard dan metode peer lesson pada pembel menulis dan membaca melalui di kelas III MI Muhammadiyah Sambongsari Weleri Kendal?. 2) Adakah peningkatan keterampilan membaca dan menulis melalui menggunakan media flashcard dan metode peer lesson di kelas III MI Muhammadiyah Sambongsari Weleri Kendal?.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah penggunaan media flashcard dan metode peer lesson pada pembel menulis dan membaca melalui di kelas III MI Muhammadiyah Sambongsari Weleri Kendal dilakukan menerangkan materi tentang membaca dan menulis karangan makanan, membentuk kelompok kerja yang terdiri dari 5 siswa pada siklus I dan kerja pasangan pada siklus II dan menyuruh kelompok siswa meminta siswa untuk mengamati gambar tentang makanan sehat pada siklus I dan lingkungan yang sehat pada siklus II, guru memegang susunan kartu (media flashcard) lalu mengambilnya satu per satu dan memperlihatkan setinggi dada menghadap siswa setelah itu siswa mengamati gambar / tanda simbol pada media flashcard yang disediakan oleh guru. Guru menanyakan isi kartu tersebut kepada siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan isi dari masing-masing kartu, Selanjutnya guru membagikan kartu-kartu tersebut kepada kelompok siswa didiurutkan. Guru melakukan evaluasi secara praktek. 2) Terjadi peningkatan keterampilan membaca dan menulis melalui menggunakan media flashcard dan metode peer lesson di kelas III MI Muhammadiyah Sambongsari Weleri Kendal, hal ini terlihat dari keterampilan membaca nilai hasil kuis mengalami kenaikan setiap siklusnya yaitu pada pra siklus ada 12 siswa atau 44% mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 18 siswa atau 67% dan di akhir siklus II menjadi 25 siswa atau 93% yang tuntas. Begitu juga keterampilan menulis siswa mengalami kenaikan pada setiap siklusnya di mana pada prasiklus ketuntasannya mencapai 12 siswa atau 45% mengalami kenaikan pada siklus I ada 16 siswa atau 60%, dan pada siklus II mengalami kenaikan sebanyak 24 siswa atau 89%. Hasil tersebut ini sudah melampaui indikator yang ditetapkan yaitu 80%. Kenaikan juga terjadi pada siklus I ada 14 siswa atau 52% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II sudah aktif dengan menunjukkan ketuntasan siswa 23 siswa atau 85%. Hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: pembimbing: Dr. Syamsul Ma’arif, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca dan menulis; Media pembelajaran; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:14
Last Modified: 08 Jun 2015 06:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4125

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics