Studi atas penilaian masyarakat terhadap mutu Madrasah Diniyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang
Syakiroh, Syakiroh (2007) Studi atas penilaian masyarakat terhadap mutu Madrasah Diniyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
NIM_3100146_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (994kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) penilaian masyarakat terhadap mutu Madrasah Diniyah Awaliyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi respon masyarakat pengguna terhadap mutu Madrasah Diniyah Awaliyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan/ action research pada masyarakat pengguna dengan menggunakan instrumen angket. Subyek penelitian ini sebanyak 50 responden, menggunakan teknik proporsional random sampling.
Dari hasil penyebaran angket menunjukkan bahwa (1) penilaian masyarakat terhadap mutu Madrasah Diniyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang mencakup a) pendapat masyarakat terhadap mutu Madrasah Diniyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang. Masyarakat berpendapat bahwa mutu Madrasah Diniyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang adalah belum bagus, terbukti dengan jawaban angket yang disebarkan, yaitu : dari 50 responden, 48% menjawab belum bagus, 24% menjawab tidak bagus, dan 28% menjawab sudah bagus. Hal ini disebabkan karena kurang tersedianya berbagai sarana dan prasarana, b) keterlibatan masyarakat terhadap mutu Madrasah Diniyah Awaliyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang. Meskipun kondisi dan mutu Madrasah Diniyah Awaliyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang kurang bagus, namun dengan keterbatasan yang ada keterlibatan masyarakat sangat mempengaruhi perkembangan madrasah, hal ini dibuktikan dengan kesediaan masyarakat memberikan bantuan berupa moril/ materiil. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap mutu Madrasah Diniyah Awaliyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang, a) faktor keluarga, b) faktor pendidikan, c) faktor ekonomi, d) faktor sosial, e) kebutuhan pendidikan agama bagi anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini, hendaknya Madrasah Diniyah Awaliyah Hikmatul Anwar Mulyoharjo Pemalang meningkatkan kualitas dan kuantitas guru serta memperbaiki manajemen dan etos kerja serta peningkatan fasilitas, sehingga diharapkan madrasah diniyah menjadi lebih profesional, bermutu dan pada akhirnya masyarakat tidak ragu-ragu menyekolahkan anaknya di madrasah diniyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Education; Pendidikan; Madrasah Diniyah; Manajemen Pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Affa Ardhi Saputri |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 03:05 |
Last Modified: | 10 Dec 2020 03:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11973 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year