Penerapan Metode Matematika Realistik dengan Menggunakan Permainan Kartu Bergambar pada Operasi Bilangan Bulat dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Baiturrahim Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011

Subaryati, Subaryati (2012) Penerapan Metode Matematika Realistik dengan Menggunakan Permainan Kartu Bergambar pada Operasi Bilangan Bulat dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Baiturrahim Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911256_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911256_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 093911256_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911256_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 093911256_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911256_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 093911256_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911256_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 093911256_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911256_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 093911256_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911256_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 093911256_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911256_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menerapkan metode matematika realistik dengan permainan kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester genap MI Baiturrahim Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Baiturrahim Kecamatan Tembalang Kota Semarang tahun pelajaran 2010/2011.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rata-rata 60 dan ketuntasan belajar 65 % .
Pada penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 (dua ) siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 ( empat ) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dilaksanakan dua pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dua pertemuan. Pada tahap siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan nilai rata – rata siswa sebesar 75, 24 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Kemudian pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan nilai rata – rata hasil belajar mengalami peningkatan yang pesat yaitu mencapai 82,28 dengan ketuntasan belajar 100 %. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode matematika realistik dengan permainan kartu bergambar.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode matematika realistik dengan permainan kartu bergambar pada operasi bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester genap MI Baiturrahim Kecamatan Tembalang Kota Semarang tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Matematika; Bilangan Bulat; Permainan Kartu Bergambar; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 08:52
Last Modified: 24 Dec 2013 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics