Pengaruh motivasi dan persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru MI pada mahasiswa PGMI angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang

Fatimah, Nur (2020) Pengaruh motivasi dan persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru MI pada mahasiswa PGMI angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096008_Nur Fatimah]
Preview
Text (Skripsi_1603096008_Nur Fatimah)
Skripsi_1603096008_Nur Fatimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada mahasiswa Jurusan PGMI UIN Walisongo Semarang menunjukkan bahwa tidak semua mahasiswa PGMI berminat menjadi guru MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi dan persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru MI pada mahasiswa PGMI angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGMI Angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang sebanyak 124 mahasiswa. Anggota sampel sebanyak 40 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi dalam kategori tinggi, persepsi tentang profesi guru dalam kategori sangat baik, dan minat menjadi guru MI dalam kategori tinggi. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara motivasi dan persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru MI pada mahasiswa PGMI angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang (62,5%). Motivasi berpengaruh (54,76%), dan persepsi tentang profesi guru berpengaruh (14,98%) terhadap minat menjadi guru MI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profesi guru; Motivasi; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 27 May 2021 08:40
Last Modified: 27 May 2021 08:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12821

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics