Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Al-khoiriyyah 02 Semarang tahun ajaran 2019/2020

Sari, Dewi Indah (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Al-khoiriyyah 02 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096048_Dewi _Indah_Sari]
Preview
Text (Skripsi_1603096048_Dewi _Indah_Sari)
Skripsi_1603096048_Dewi Indah Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar materi panas dan perpindahannya siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah non- equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa wawancara, dokumentasi dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VB sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas VA sebagai kelompok kontrol dengan metode konvensional (diskusi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multiple choice) dengan empat pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur pengaruh hasil belajar IPA materi panas dan perpindahannya.
Data hasil penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Kriteria pengujian Ha diterima jika t hitung
> t tabel dengan taraf signifikansi a = 5%, dk = 24+25-2 = 47 diperoleh ttabel =2,012. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh t hitung = 3,957 dan karena t hitung > t tabel maka Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan hasil belajar siswa kelompok kontrol. Begitu pula rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen diperoleh nilai = 82,50 dan rata-rata kelompok kontrol = 66,2 artinya rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kelompok kontrol. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Metode konvensional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:44
Last Modified: 07 Jun 2021 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12999

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics