Manajemen penilaian kinerja guru di MTs Nurul Islam Juwangi

Sari, Prila Pita (2020) Manajemen penilaian kinerja guru di MTs Nurul Islam Juwangi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1403036039_Skripsi Lengkap] Text (NIM_1403036039_Skripsi Lengkap)
1403036039_Prilapitasari_Full Skripsi - prila pita sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fakta bahwa lembaga pendidikan masih banyak yang dikelola dengan prnsip pengeloaan manajemen yang efektif dan efisien. Hal ini tentu belum dapat memenuhi harapan orang tua untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dalam hal ini dipengaruhi kinerja guru yang baik, ini merupakan problem yang harus dicari solusinya. Hal ini tentu menjadi tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan yang bernafaskan Islam untuk dapat memenuhi harapan orang tua kebanyakan. MTs Nurul Islam Juwangi merupakan lembaga pendidikan formal bernafaskan Islam yang mengambil peluang dan tantangan ini dengan menjalankan manajemen penilaian kinerja guru.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan, yaitu 1) Bagaimana perencanaan penilaian kinerja guru di MTs Nurul Islam Juwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan penilaian kinerja guru di MTs Nurul Islam Juwangi? 3) Bagaimana evaluasi penilaian kinerja guru di MTs Nurul Islam Juwangi?
Penelitian ini diperoleh hasil: 1. Perencanaan penilaian kinerja guru di MTs Nurul Islam Juwangi adalah penetapan jadwal, penetapan instrumen penilaian, metode penilaian kinerja guru, menetapkan tindak lanjut dari hasil penilaian kinerja guru. Selanjutnya MTs Nurul Islam Juwangi dalam perencanaan program tidak sesuai dengan pendangan Banghart dan Trull. Karena dalam realita di lapangan belum melakukan tahapan policy and priority setting dan feasibility testing. 2. Pelaksanaan penilaian kinerja guru di MTs Nurul Islam Juwangi adalah dilaksanakan setahun sekali dengan proses penilaian sepanjang tahun. Instrumen penilaian kinerja guru yang dijadikan pedoman penilaian kinerja guru meliputi intrumen penggunaan IT dalam pembelajaran oleh guru, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, proses pembelajaran sesuai RPP oleh guru, kedisiplinan guru dalam lingkungan madrasah. Pelaksanaan penilaian kinerja guru dilakukan melalui metode pengamatan dan pemantauan. Tindak lanjut yang ditetapkan dalam perencanaan penilaian kinerja guru adalah pembinaan dan penghargaan. Selanjutnya kepala madrasah dalam melaksanakan penilaian kinerja guru ditemukan bahwa tidak sesuai dengan Peraturan Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 bahwa penilaian kinerja guru merupakan penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. 3. Evaluasi penilaian kinerja guru di MTs Nurul Islam Juwangi adalah melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi tingkat hasil. Evaluasi yang dilaksanakan tidak sesuai dengan teorinya Kirkpatrick yang menjadikan empat tahap dalam proses evaluasi yakni level reaksi, level pembelajaran, level perilaku, dan level hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Penilaian Kinerja; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:26
Last Modified: 29 Nov 2021 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics