Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SD Muhammadiyah Plus Semarang

Ilyasi, Moh. (2020) Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SD Muhammadiyah Plus Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1403036094_Skripsi Lengkap] Text (NIM_1403036094_Skripsi Lengkap)
1403036094_Moh Ilyasi_Full Skripsi - IL yasi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi mempunyai peran kunci dalam mewujudkan keberhasilan sebuah lembaga pendidikan. Kepala sekolah bertanggung jawab dalam mewujudkan cita-cita sekolah yakni mencerdaskan peserta didik. Kecerdasan peserta didik salah satunya ditentukan oleh profesionalisme guru. Dengan demikian, peran kepala sekolah juga bertanggung jawab dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bermaksud melihat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SD Muhammadiyah Plus Semarang.
Penelitian ini mencoba menganalisis dua hal: 1)Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SD Muhammadiyah Plus Semarang? 2)Bagaimana implikasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di SD Muhammadiyah Plus Semarang? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif-deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala SD Muhammadiyah Plus Semarang dalam peningkatan profesionalisme guru ada empat yaitu sebagai leader, motivator, supervisor dan inovator. Kedua, Implikasi peran kepemimpinan kepala SD Muhammadiyah Plus Semarang terhadap profesionalisme guru berdampak baik terhadap empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional.
Kepala sekolah hendaknya lebih banyak berinovasi karena sejauh ini inovasi kepala sekolah masih minim. Kepala sekolah perlu membuat program yang bisa mendekatkan hubungan sosial guru dengan masyarakat sekitar sekolah. Demi terciptanya kondisi lingkungan sekolah yang kondusif dan nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Profesionalisme; Guru; Sekolah Dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 04 Dec 2021 00:32
Last Modified: 04 Dec 2021 00:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14015

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics