Evaluasi pelaksanaan program ekstrakurikuler seni karawitan di SD Negeri Karangtengah

Muzakki, Ahmad Najihan (2021) Evaluasi pelaksanaan program ekstrakurikuler seni karawitan di SD Negeri Karangtengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1403036101_Skripsi Lengkap] Text (NIM_1403036101_Skripsi Lengkap)
1403036101_AHMAD NAJIHAN MUZAKKI_FULL SKRIPSI - Ahmad_Najihan_Muzakki 2123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Satuan pendidikan harus senantiasa melakukan perbaikan rencana tindak lanjut untuk siklus kegiatan berikutnya dengan evaluasi. Penelitian ini ingin menjawab Bagaimana tingkat keberhasilan Program esktrakurikuler Seni Karawitan di SDN Karangtengah Kecamatan Subah dan Bagaimana bentuk penilaian/ tes tindakan untuk mengungkapkan tingkat unjuk perilaku belajar siswa dalam Program esktrakurikuler Seni Karawitan di SDN Karang Tengah Kecamatan Subah.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi dengan menggunakan triangulasi. Adapun teknik anaslisis dengan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, program ektrakurikuler seni Karawitan di SDN Karangtengah adalah cukup berhasil. Namun di masa Pandemi covid 19 ini mengalami penurunan. Hal ini karena proses pelatihan, event menciptakan berprestasi sangat kurang. Factor yang menjadikan berkurang latihan karena adanya peraturan yang mengatur protocol kesahatan, untuk mengatasi ini, bapak pembina menganjurkan untuk senantiasa berlatih dengan mengamati video yang dikirim pembina. Namun kegiatan ini tetap tidak optimal karena siswa tidak diamati oleh pembina secara langsung. Demikian juga terkait dengan prestasi, di masa Pandemi tidak ada event- event yang diselenggarakan untuk melombakan seni karawitan. Dengan demikian dapat disimpulkan pelatihan seni karawitan termasuk program yang harus didampingi oleh pembina.
Pada masa Pandemi, pembina ektra kurikuler karawitan melakukan tes pengukuran kemampuan siswa peserta program ekstrakurikuler dengan memberikan tugas rumah berupa mengamati video yang dikirim oleh pembina, selanjutnya para siswa ditugasi untuk membuat video. Guru pembina mengalami kendala dalam pelaksanaan evaluasi ini, antara lain: guru kebingunan memilih instrumen yang akan digunakan, skill guru, orang tua, dan siswa dalam teknologi rendah, partisipasi siswa lemah, terbatasnya siswa dan orang memiliki Handphone, jaringan lemah dan kuota terbatas dan menunggu bantuan pemerintah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: evaluasi; pandemi; teknologi; Seni Karawitan; Ekstrakurikuler
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 04 Dec 2021 01:11
Last Modified: 04 Dec 2021 01:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14023

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics