Pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap penguasaan mufrodat materi الأسرة في البيت mata pelajaran Bahasa Arab kelas 4 di MI Nurul Hidayah Karangawen tahun ajaran 2020/2021

Mubarokah, Zakiyatul (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap penguasaan mufrodat materi الأسرة في البيت mata pelajaran Bahasa Arab kelas 4 di MI Nurul Hidayah Karangawen tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096086_Zakiyatul Mubarokah_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096086_Zakiyatul Mubarokah_Lengkap)
1703096086_Zakiyatul Mubarokah_Tugas Akhir.docx - Zakiyatul Mubarokah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunaan media yang jarang diterapkan dalam pembelajaran juga para guru dan siswa di MI Nurul Hidayah Karangawen yang belum pernah mengenal Quizizz sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaa media pembelajaran Quizizz terhadap penguasaan mufrodat materi الأسرة في البيت mata pelajaran bahasa Arab kelas 4 di MI Nurul Hidayah Karangawen. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata dalam hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain Quasi Eksperimental Design dan menngunakan tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VI A yang terdiri dari 15 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VI B yang terdiri dari 21 siswa sebagai kelas eksperimen. Pada teknik pengumpulan data peneliti metode dokumentasi, observasi, dan tes. Setelah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test.
Rata-rata nilai posttest dari kelompok eksperimen yang menggunakan media Quizizz adalah 83,67 dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media Quizizz adalah 59,33 Berdasarkan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t_tabel diperoleh dengan dk  n_1  n_2  2 = 34 dan taraf signifikan (  ) 5% = 2,032, dan t_hitung sebesar 6,652. Setelah t_hitung dikonsultasikan dengan t_tabel, diketahui bahwa t_hitung > t_tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka penggunaan media pembelajaran Quizizz berpengaruh terhadap penguasaan mufrodat materi الأسرة في البيت mata pelajaran bahasa Arab kelas 4 di MI Nurul Hidayah Karangawen Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan pnelitian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, semangat belajar, dan menambah referensi media guru di MI Nurul Hidayah Karangawen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Quizizz; Penguasaan mufrodat; Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:22
Last Modified: 03 Dec 2021 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics