Efektivitas metode talking stick berbantuan media manik-manik bilangan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pokok bilangan bulat kelas IV MI Islamiyah Subah Batang

Kirniawati, Niken Dewi (2020) Efektivitas metode talking stick berbantuan media manik-manik bilangan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pokok bilangan bulat kelas IV MI Islamiyah Subah Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133911099_NIKEN_DEWI_KIRNIAWATI] Text (SKRIPSI_133911099_NIKEN_DEWI_KIRNIAWATI)
133911099_Niken Dewi Kirniawati_Full Skripsi - presentasi sidang skripsi niken.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektif penggunaan Talking Stick berbantuan manik-manik bilangan pada peserta didik kelas IV materi pokok bilangan bulat di MI Islamiyah Subah. Penelitian ini adalah penelitian desain eksperimen dengan desain “posttest-only control design”. Populasi dari penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 56, sampel penelitian dengan kelas IVA yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas kontrol metode diskusi dan kelas IVB yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen metode talking stick.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 4,7811 dan ttabel = 1,674, karena thitung>ttabel berarti rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan bulat dengan penggunaan pembelajaran talking stick berbantuan media manik-manik bilangan bulat lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan gain kelas eksperimen (IVB) diperoleh rata-rata pre-test 75,7857 dan rata-rata post-test 83,6429 sehingga diperoleh gain 0,3245 yang memiliki kriteria sedang. Pada kelas kontrol (IVA) diperoleh rata-rata pre-test70,464 dan rata-rata post-test 72,928 sehingga diperoleh gain 0,083 yang memiliki kriteria rendah. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar lebih efektif dengan menggunakan metode talking stick berbantuan media manik-manik bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Talking stick; Manik-manik bilangan; Kemampuan pemecahan masalah; Matematika; Bilangan bulat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:08
Last Modified: 05 Mar 2022 05:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics